Variabel pointer sering dikatakan sebagai variabel yang menunjuk ke obyek lain. Pada kenyataan yang sebenarnya, variabel pointer berisi alamat dari suatu obyek lain (yaitu obyek yang dikatakan ditunjuk oleh pointer). Sebagai contoh, px adalah variabel pointer dan x adalah variabel yang ditunjuk oleh px. Kalau x berada pada alamat memori (alamat awal) 1000, maka px akan berisi 1000. Sebagaimana diilustrasikan pada gambar di bawah ini

Mendeklarasikan Variabel Pointer
Suatu variabel pointer dideklarasikan dengan bentuk sebagai berikut :
tipe *nama_variabel
dengan tipe dapat berupa sembarang tipe yang sudah dibahas pada bab-bab sebelumnya, maupun bab-bab berikutnya. Adapun nama_variabel adalah nama dari variabel pointer. Sebagai contoh :
int *px; //contoh 1
char *pch1, *pch2; //contoh 2
Contoh pertama menyatakan bahwa px adalah variabel pointer yang menunjuk ke suatu data bertipe int, sedangkan contoh kedua masing pch1 dan pch2 adalah variabel pointer yang menunjuk ke data bertipe char.
Mengatur Pointer agar Menunjuk ke Variabel Lain
Agar suatu pointer menunjuk ke variabel lain, mula-mula pointer harus diisi dengan alamat dari variabel yang akan ditunjuk. Untuk menyatakan alamat dari suatu variabel, operator & (operator alamat, bersifat unary) bisa dipergunakan, dengan menempatkannya di depan nama variabel. Sebagai contoh, bila x dideklarasikan sebagai variabel bertipe int, maka
&x
berarti “alamat dari variabel x”. Adapun contoh pemberian alamat x ke suatu variabel
pointer px (yang dideklarasikan sebagai pointer yang menunjuk ke data bertipe int) yaitu :
Pernyataan di atas berarti bahwa px diberi nilai berupa alamat dari variabel x. Setelahpernyataan tersebut dieksekusi barulah dapat dikatakan bahwa px menunjuk ke variabel x.
Mengakses Isi Suatu Variabel Melalui Pointer
Jika suatu variabel sudah ditunjuk oleh pointer, variabel yang ditunjuk oleh pointer tersebut dapat diakses melalui variabel itu sendiri (pengaksesan langsung) ataupun melalui pointer (pengaksesan tak langsung). Pengaksesan tak langsung dilakukan dengan menggunakan operator indirection (tak langsung) berupa simbol * (bersifat unary).
Contoh penerapan operator * yaitu :
*px
yang menyatakan “isi atau nilai variabel/data yang ditunjuk oleh pointer px” . Sebagai contoh jika y bertipe int, maka sesudah dua pernyataan berikut
px = &x;
y = *px;
y akan berisi nilai yang sama dengan nilai x.
Kedua pernyataan di atas
px = &x;
y = *px;
sebenarnya dapat digantikan dengan sebuah pernyataan berupa
y = x;
Seandainya pada program di atas tidak terdapat pernyataan
px = &x;
namun terdapat pernyataan
y = *px;
maka y tidaklah berisi nilai x, sebab px belum diatur agar menunjuk ke variabel x. Hal seperti ini harap diperhatikan. Kalau program melibatkan pointer, dan pointer belum diinisialisasi, ada kemungkinan akan terjadi masalah yang dinamakan “bug” yang bisa mengakibatkan komputer tidak dapat dikendalikan (hang).
Selain itu tipe variabel pointer dan tipe data yang ditunjuk harus sejenis. Bila tidak sejenis maka akan terjadi hasil yang tidak diinginkan.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.


Variabel pointer px menunjuk ke variabel x
Mendeklarasikan Variabel Pointer
Suatu variabel pointer dideklarasikan dengan bentuk sebagai berikut :
tipe *nama_variabel
dengan tipe dapat berupa sembarang tipe yang sudah dibahas pada bab-bab sebelumnya, maupun bab-bab berikutnya. Adapun nama_variabel adalah nama dari variabel pointer. Sebagai contoh :
int *px; //contoh 1
char *pch1, *pch2; //contoh 2
Contoh pertama menyatakan bahwa px adalah variabel pointer yang menunjuk ke suatu data bertipe int, sedangkan contoh kedua masing pch1 dan pch2 adalah variabel pointer yang menunjuk ke data bertipe char.
Mengatur Pointer agar Menunjuk ke Variabel Lain
Agar suatu pointer menunjuk ke variabel lain, mula-mula pointer harus diisi dengan alamat dari variabel yang akan ditunjuk. Untuk menyatakan alamat dari suatu variabel, operator & (operator alamat, bersifat unary) bisa dipergunakan, dengan menempatkannya di depan nama variabel. Sebagai contoh, bila x dideklarasikan sebagai variabel bertipe int, maka
&x
berarti “alamat dari variabel x”. Adapun contoh pemberian alamat x ke suatu variabel
pointer px (yang dideklarasikan sebagai pointer yang menunjuk ke data bertipe int) yaitu :
px = &x;
Pernyataan di atas berarti bahwa px diberi nilai berupa alamat dari variabel x. Setelahpernyataan tersebut dieksekusi barulah dapat dikatakan bahwa px menunjuk ke variabel x.
Mengakses Isi Suatu Variabel Melalui Pointer
Jika suatu variabel sudah ditunjuk oleh pointer, variabel yang ditunjuk oleh pointer tersebut dapat diakses melalui variabel itu sendiri (pengaksesan langsung) ataupun melalui pointer (pengaksesan tak langsung). Pengaksesan tak langsung dilakukan dengan menggunakan operator indirection (tak langsung) berupa simbol * (bersifat unary).
Contoh penerapan operator * yaitu :
*px
yang menyatakan “isi atau nilai variabel/data yang ditunjuk oleh pointer px” . Sebagai contoh jika y bertipe int, maka sesudah dua pernyataan berikut
px = &x;
y = *px;
y akan berisi nilai yang sama dengan nilai x.
Kedua pernyataan di atas
px = &x;
y = *px;
sebenarnya dapat digantikan dengan sebuah pernyataan berupa
y = x;
Seandainya pada program di atas tidak terdapat pernyataan
px = &x;
namun terdapat pernyataan
y = *px;
maka y tidaklah berisi nilai x, sebab px belum diatur agar menunjuk ke variabel x. Hal seperti ini harap diperhatikan. Kalau program melibatkan pointer, dan pointer belum diinisialisasi, ada kemungkinan akan terjadi masalah yang dinamakan “bug” yang bisa mengakibatkan komputer tidak dapat dikendalikan (hang).
Selain itu tipe variabel pointer dan tipe data yang ditunjuk harus sejenis. Bila tidak sejenis maka akan terjadi hasil yang tidak diinginkan.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Ilustrasi kesalahan yang terjadi karena tipe tidak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar